Mengenal Motif Batik Sekar Jagad

Zonabatik.comBatik telah begitu dikenal luas mempunyai filosofi dan makna mendalam yang menuntun manusia atau para penggunanya kepada nilai-nilai luhur. Begitu juga dengan batik Sekar Jagad, berasal dari kata ‘sekar jagad’ yang artinya ‘bunga dunia’ mengandung makna kecantikan.

Motif Batik Sekar Jagad

Kain dengan motif tersebut mampu menggambarkan keindahan bagi setiap pemakainya sehingga membuat mata terpesona jika memandangnya. Ada juga keyakinan, motif Sekar Jagad  asalnya dari bahasa Jawa “kar jagad” berarti peta dunia, menyimbolkan keanekaragaman di seluruh dunia.

Sehingga kesimpulan makna harfiahnya, yaitu suatu keindahan atau kecantikan dari keberagaman berbagai jenis suku bangsa yang ada di seluruh muka bumi. Awal mula kehadiran batik ini dipakai pada busana tradisional kaum keraton atau keluarga kerajaan.

Mengenal Sejarah Motif Batik Sekar Jagad

Menurut sejarahnya batik Sekar Jagad sudah mulai dikenal sebagai satu diantara jenis motif batik nusantara klasik dari awal abad 17-18. Bahwa awal tahun 1700-an sampai menjelang 1800-an Batik tersebut hadir menjadi sebagai motif klasik yang diciptakan leluhur bangsa Indonesia.

Desain dari hasil karya para leluhur ini pastinya sarat akan makna dan begitu menarik serta harus dilestarikan sebagai kekayaan budaya. Jika ditilik dari namanya  batik ini asalnya dari kombinasi dua bahasa yaitu Jawa dan Belanda.

Pada era kejayaan kerajaan Majapahit  motif ini sebagai karya adiluhung leluhur pribumi yang membuka diri terhadap adanya akulturasi luar. Pertumbuhannya ternyata bukan hanya terpengaruh Belanda, namun budaya dari etnis Tiongkok juga ikut memberi warna karya seni budaya lokal tersebut.

Perkembangan Motif  Sekar Jagad

Batik Sekar Jagad adalah salah satu motif yang berasal dari solo dan Yogyakarta, Jawa Tengah, mempunyai karakteristik warna coklat sogan. Seiring  berjalannya waktu motif tersebut berkembang di sejumlah daerah sentra batik lainnya, diantaranya tulungagung, pamekasan, Tulungagung, Kebumen, dan sebagainya.

Efek dari perkembangan itu pun akhirnya menimbulkan ragam inovasi pola baru, yang ditambahkan dan disesuaikan, menjadi ciri khas masing-masing. Misalnya seperti warna biru dan merah yang dimiliki motif batik Sekar Jagad merupakan bentuk hasil akulturasi dan pengaruh adat Tiongkok.

Yang seperti diketahui, mayoritas budaya negeri Tirai Bambu tersebut mempunyai ciri khas menampilkan warna-warna berani dan cerah. Tidak demikian dalam perkembangannya di wilayah Lasem, yang berbeda dengan wilayah lain, cenderung memiliki  warna ungu, merah biru dikombinasikan sogan.

Batik Sekar Jagad Banyak Digunakan Desainer Kontemporer

Sekar Jagad yang kaya dengan makna, warisan budaya yang sudah ada sejak zaman Majapahit dan berkembang sampai era Mataram Islam. Kini banyak diadopsi para desainer kontemporer, reputasi batik sebagai aset budaya bukan hanya klaim semata, sebab dunia sudah ikut mengenalnya.

Mengenal Makna Jenis-Jenis Motif Sekar Jagad

Dalam batik mengandung pesan kearifan lokal dari suatu masyarakat tertentu, maka oleh karena itu, wajib dilestarikan, termasuk motif sekar Jagad. Di samping kecantikannya yang terlihat secara kasat mata,  juga mengandung makna spiritual yang berkaitan dengan falsafah hidup dan pemahaman kepercayaan.

Kaitan yang dimaksudkan tersebut yaitu hubungan ciptaan dengan Tuhan, yang kemudian diekspresikan lewat karya batik. Corak  ini juga punya filosofi dan makna berisikan ajaran moral, menuntun manusia ke arah kebaikan, berikut beberapa motif dan maknanya.

1.   Paras Gempal dan Moto Pitik

Paras gempal mempunyai bentuk sisik atau tanah tandus, maknanya  simbol persatuan yang kuat namun jika bercerai berai akan sulit disatukan. Moto pitik, motif ini mempunyai bentuk lingkaran kecil mirip mata ayam. mengandung arti bahwa kita perlu selalu siaga dan waspada.

2.   Gajah oling

Menyiratkan arti bahwa diwajibkan untuk selalu mengingat Tuhan yang sudah memberi kehidupan, gajah merupakan perwujudan binatang yang besar. Kata Oling sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang mempunyai arti iling yaitu ingat kepada Yang Maha Kuasa.

3.   Gedegan dan Blarak Sempal

Yang tergores dalam motif gedegan  yaitu pola dengan bentuk seperti anyaman bambu, yang memiliki makna ikatan kebersamaan. Blarak Sempal menyimpan makna bahwa setiap individu harus selalu mawas diri, karena manusia, jika sudah tua akan lemah tidak berdaya.

Ciri Khas Batik Sekar Jagad

Tema utama Sekar Jagad yang digambarkan sebagai peta yaitu terdapat garis-garis lengkung yang serupa dengan bentuk pulau-pulau tetangga. Model batik ini sangat unik tampak tidak beraturan seperti jalinan lainnya dengan motif yang teratur dan berulang.

Sekar Jagad sendiri motifnya ditandai dengan adanya isen-isen, pada “pulau” dengan berbagai motif seperti truntum kawung, flora, fauna dan sebagainya. Warna biru dan merah yang tampil pada motif sekar teradaptasi dari budaya Tionghoa yang sering menonjolkan warna-warna menarik dan cerah.

Kebhinekaan Dalam Sehelai  Kain Batik Sekar Jagad

Bagi kolektor atau penggemar batik, motif ini dinilai mempunyai guratan pesona begitu mengagumkan, dan makna serta filosofinya yang mengajarkan kebaikan. Tertuang pada sehelai kain mori, kelihatan sekali ada kekuatan Bhinneka Tunggal Ika yang dilambangkan  melalui  motif yang harmonis dan luwes.

Hebatnya lagi, batik tersebut selalu berdaya tarik tinggi walaupun dalam dimensi modern maupun klasik, merupakan lambang dari suatu keindahan. Maknanya ditafsirkan, kecantikan tidak hanya terpancar melalui fisik, tetapi juga sanubari yang melandasi, sikap, tutur kata dan perbuatan dalam kehidupan.

Disebut juga kusumaning jagad, diharapkan bisa memberikan semangat baru bagi manusia supaya mampu menjadi insan yang berbudi pekerti luhur. Secara keseluruhan, motif sekar mengandung makna keanekaragaman yang ada di Indonesia atau seluruh dunia, melukiskan kebaikan.

Perpaduan warna-warnanya membuatnya kelihatan indah dan mempunyai daya tarik, klasik atau modern, tetap dasar motifnya berbentuk kumpulan pulau-pulau yang menyatu. Maka Itulah sebabnya, motif ini dilukiskan  sebagai peta yang mempersatukan keindahan dan keberagaman di seluruh dunia.

Dengan mengenal sejarah dan perkembangan motif batik sekar jagad, bisa lebih memahami dan menghargai  tentang karya seni ini. Dan juga dapat mengapresiasi upaya para seniman batik yang terus menghasilkan dan menginovasi karya-karya yang bernilai dan indah.

Post a Comment

Previous Post Next Post