Mengenal Motif Batik Lontara Makassar dan Makna Batik Lontara

Batik Lontara merupakan salah satu warisan budaya dan juga sebagai identitas masyarakat Bugis-Makassar di Indonesia. Motif Batik Lontara ini adalah cerminan dari kekayaan budaya serta sejarah milik suku tersebut, dan mempunyai ciri khas yang sangat unik.

Lontara yaitu suatu  sistem tulisan tradisional yang dipakai oleh masyarakat wilayah itu, terdiri atas huruf-huruf kuno. Huruf tersebut kemudian diukir pada daun lontar, dan diwarnai dengan memakai  teknik batik, proses pembuatannya memerlukan ketelitian juga keterampilan tinggi.


Dibutuhkan juga keahlian dalam menggambarkan motif-motif tradisional yang menyajikan mitos, kepercayaan, dan simbol-simbol budaya masyarakat wilayah itu. Batik ini terinspirasi dari alam, flora, fauna dan simbol-simbol kehidupan setiap harinya yang dianggap sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Seperti motif dengan gambar burung Maleo yaitu simbol keberuntungan dan kesuburan, atau pohon beringin yang menyimbolkan ketahanan dan kekuatan. Mempunyai peran yang penting pada upacara adat serta acara-acara keagamaan masyarakat Bugis Makassar, dan menjadi simbol status sosial.

Sering dipakai  sebagai busana pada acara kelahiran, pernikahan, dan prosesi keagamaan lainnya, juga menjadi  kebanggaan bagi warga makassar. Sesuai dengan berkembangnya zaman, batik tersebut juga mengalami perubahan dalam bentuk desain dan fungsi penggunaannya.

Makna Dibalik Motif Lontara Ada Pesan Leluhur

Batik tidak hanya dominan pulau Jawa saja, Makassar juga memiliki batik yaitu batik lontara, yang mempunyai makna, motifnya penuh warna. Kata lontara asalnya dari kata lontar yang merupakan jenis tumbuhan yang terdapat di Sulawesi Selatan.

Bukan hanya sekedar motif tetapi batik  juga mengandung pesan   para leluhur Bugis memberikan nasehat untuk anak cucunya yang ingin merantau. Makna pesan yang terkandung dalam motif  tersebut menjelaskan tentang empat hal yaitu kekayaan dan juga kesuksesan.

Jika hendak meninggalkan negeri, untuk menuju ke negeri yang lain, semoga menjadi orang yang kaya serta sejahtera di negeri orang. Dan fahami dengan baik bahwa kaya itu mempunyai empat tanda-tanda, yang pertama kaya dalam berkomunikasi dan berbahasa.

Kedua, kaya imajinasi dan pemikiran, Ketiga, kaya pada dunia usaha (memiliki banyak relasi bisnis dan keterampilan), Keempat,kaya dalam keuangan. Maka sebenarnya pada masing-masing serat kuno ada terdapat ajaran dan nilai-nilai hidup yang mendalam.

Upaya Mempromosikan  Batik Lontara

motif batik lontara makassar
Nama Batik Lontara memang belum bisa disejajarkan dengan batik dari daerah lain yang telah lebih populer  di masyarakat luas. Akan tetapi batik tersebut juga tidak kalah indahnya, batik Lontara adalah jenis batik Bugis khas Sulawesi yang mempunyai Aksara lontara.

Huruf Lontara sendiri adalah aksara tradisional masyarakat Bugis-Makassar, memiliki bentuk unik, sehingga menjadikan motif batik Lontara menarik dan indah. Motif tersebut juga dianggap sebagai wakil empat etnis di Sulawesi, seperti Mandar, Bugis, Toraja dan Makassar,  dan semuanya memakai  aksara lontara.

Salah satu usaha yang sudah dilakukan untuk mempromosikan batik Lontara, dengan Workshop Pembuatan Batik Lontara yang bertema “Lontara as Indonesian Heritage” Acara ini menjadi tempat promosi keindahan, kekayaan artistik batik Lontara dan menjadi ajang berbagi pengalaman antara pengrajin dengan pengusaha.

Atau juga sebagai ajang untuk bertukar pengalaman antara pengrajin batik lontara dengan para investor (stakeholder) promosi ini juga dilakukan untuk memperkenalkan  keindahan dan kekayaan budaya serta hasil karya seni masyarakat yang menjadi kebanggaan kota makassar.

Batik Lontara, Melestarikan Aksara Lontara

Industri batik di Makassar, Sulawesi Selatan, sekarang ini sudah mulai berkembang, hal ini terlihat dari banyaknya motif yang ada.  Batik Makassar sekarang hadir dalam berbagai motif dan warna, dan Salah satu motifnya yang unik, adalah batik Lontara Balla Sari.

Kehadiran dari motif lontara tersebut pada batik Makassar dilandasi  oleh keinginan agar dapat melestarikan huruf aksara lontara. Tujuan dari terciptanya batik ini tentu saja untuk memperkenalkan kepada generasi mendatang agar lebih memahami dan aksara lontara.

Kreasi Motif Batik Khas Makassar Yang Unik

Selama ini mungkin lebih familiar dengan kain batik yang populer dari daerah Jawa, tetapi Makassar juga mempunyai kreasi  batiknya sendiri. Kreasi motif batik khas Makassar  Sulawesi Tengah ini lebih dikenal dengan nama  batik lontara, motifnya juga tak kalah unik.

Perbedaan dari batik Lontara dengan jenis batik dari daerah yang lain terdapat dalam motif-motif dan desainnya. Motif dari batik khas makassar ini memakai  artefak-artefak yang ada di  kota Makassar, dan salah satunya yaitu aksara Lontara.

Aksara Lontara merupakan sistem tulisan yang sangat erat hubungannya dengan nilai sejarah suku Bugis di Makassar. Maka karena nilai sejarah aksara Lontara tidak dimiliki oleh daerah lain selain Makassar dan sekitarnya, sehingga menjadikannya sangat berbeda.

Ciri khas lain yang dimiliki oleh motif batik Lontara juga terdapat dalam pilihan warnanya, motif tradisional dipadukan dengan unsur modern. Sehingga menciptakan sebuah motif batik yang menarik dan unik, dan semakin dikenal di dunia internasional.

Melestarikan Budaya Dalam Motif Batik Lontara

Di Makassar, Sulawesi tengah juga terdapat batik yaitu Lontara, dan cukup berkembang pada beberapa tahun terakhir ini. Sama juga seperti pada namanya yang ditampilkan dalam motif batik khas Sulawesi Lontara ini adalah aksara Lontara.

Batik Lontara juga umumnya digunakan  oleh para pejabat atau pegawai dalam ruang lingkup pemerintah kota Makassar pada acara-acara formal. Pemakaian batik Lontara ini,  merupakan suatu usaha untuk melestarikan budaya dan juga menonjolkan kearifan lokal.

Aksara Lontara yang disajikan  pada batik dianggap menjadi ciri khas batik Lontara sebab tidak terdapat di daerah yang lain. Batik tersebut mempunyai motif serta warna-warna yang lebih cerah, dan desainnya kini pun sangat beragam.

Selain dari itu penggunaan dari batik itu juga tidak hanya sebagai bagian dari upaya pelestarian budaya saja. Akan tetapi pemakaian jenis batik Lontara di makassar,sulawesi Tengah juga sekaligus merupakan upaya dalam memberdayakan UMKM.

Dengan segala keunikan dan keindahan motif-motif yang dimilikinya, batik Lontara merupakan simbol identitas budaya masyarakat Bugis-makassar. Melalui batik khas lontara tersebut bisa memperkuat dan mengenang  akar budaya dan membanggakan kekayaan warisan para leluhur.

Batik Lontara bukan hanya  kain yang berwarna-warni, namun juga mewakili jati diri dan kekayaan budaya yang  patut dipromosikan. Batik lontara yaitu Motif tradisional dipadukan  dengan unsur modern, menghadirkan  karya seni yang unik dan menarik dan harus dilestarikan.

Post a Comment

Previous Post Next Post