10 Ragam Jenis Motif Batik Bali Yang Penuh Dengan Filosofi dan Estetik Dipandang Mata

Bali ternyata tidak hanya mempesona lewat pariwisatanya yang telah mendunia. Namun, motif batik Bali juga tidak kalah indahnya dan begitu populer. Aneka motif batik yang berasal dari Bali ini dipengaruhi oleh adat istiadat dan kebudayaan khas Bali sendiri. 

Motif batik yang dihasilkan sangat unik dan kini telah menyatu dengan baik pada kehidupan masyarakat Bali. Sebagai salah satu warisan UNESCO, batik Bali ini punya potensi yang besar dalam hal mengembangkan industri kain batik di Indonesia. 

Motif batik khas Bali tersebut hadir dengan karakteristik yang istimewa dan artistik dalam waktu yang bersamaan. Tentunya, hal ini yang membuat Sobat semua jadi merasa kagum bukan dengan kesenian Bali yang dituangkan dalam bentuk kain batik ini?

Motif Batik Bali yang Unik dan Khas

Berikut ini adalah rekomendasi batik Bali dengan motif yang sangat kental dengan aspek budayanya. Yuk, langsung saja simak informasinya agar Sobat mengetahui makna yang terkandung pada setiap motifnya dengan baik.

Motif Batik Bali Buketan
Motif Batik Bali Buketan 

1.    Motif Buketan

Sesuai dengan namanya, motif buketan ini memiliki pola berupa buket bunga yang sangat cantik sebagai ciri khasnya. Buket bunga yang tergambar dengan baik pada batik Bali tersebut sangat anggun dan mempesona ketika digunakan oleh seorang wanita.

Pastinya, akan tampak lebih feminim dan kalem dengan kombinasi warna yang menawah dan mewah. Tidak selalu hadir dengan pola buketan saja, namun batik ini juga diselingi dengan pola burung phoenix dan kupu-kupu agar nilai estetikanya semakin bertambah.

Secara historisnya, batik Bali bermotif buketan ini diperkenalkan pertama kali oleh Cristina Van Zuylen tahun 1880. Kata buketan diambil dari bahasa Perancis yang bermakna karangan bunga. Variasi dari motif buketan ini yaitu bunga yang ukurannya besar dan bunga dengan daun yang berukuran mungil.

2.    Motif Singa Barong

Motif Batik Bali Singa Barong
Motif Batik Bali Singa Barong 

Motif singa barong pada batik Bali yang satu ini ternyata mampu menghilangkan sisi seram dari singa barong lho. Justru, menambah nilai jual yang tinggi dan sukses menjadi motif batik yang ikonik di Bali. Bahkan, banyak wisatawan yang mencari motif singa barong yang sangat khas dari Bali ini.

Singa barong melambangkan keperkasaan, penolak dari segala macam hal buruk bagi penggunanya, dan kekuatan. Selain itu, singa barong dipercaya oleh masyarakat Bali memiliki aspek nilai spiritual dan magis yang tinggi. Sehingga, sering kali digunakan dalam acara adat dan keagamaan di Bali.

Penampilan visualnya yang keren dan kece ini tentunya sangat menarik perhatian Sobat bukan? Jika berkunjung ke Bali, Sobat bisa membeli kain batik dengan motif singa barong ini sebagai oleh-oleh. Kombinasi warnanya yang mewah membuat penampilan Sobat jadi lebih fashionable.

3.    Motif Ulamsari Mas

Motif Batik Bali Ulamsari Mas
Motif Batik Bali Ulamsari Mas 

Motif batik Ulamsari Mas ini hadir dengan pola ukiran ikan mas serta udang. Adapun makna yang terkandung di dalam batik Ulamsari Mas tersebut adalah mata pencaharian dari masyarakat Bali. Ikan mas dan udang ini dibudidayakan dengan baik dan kerap kali diekspor ke luar negeri.

Batik Ulamsari Mas ini memberikan gambaran berupa keindahan satwa laut Bal, keceriaan, dan kekayaan sumber daya alamnya sebagai negara maritim. Dari potensi pariwisata dan kekayaan laut yang ada inilah menjadi sumber pendapatan, kesejahteraan, dan kemakmuran penduduk Bali.

Pola batik ini tidak sebatas ikan mas dengan udang saja, akan tetapi ada pula motif flora laut. Seperti tangkai-tangkai atau daun-daun yang ukurannya kecil. Kemudian, dilengkapi dengan warna-warna yang ceria dan mencolok agar tampilannya semakin manis.

4.    Motif Jagatan Pisang

Motif Batik Bali Jagatan Pisang
Motif Batik Bali Jagatan Pisang 

Motif batik jagatan pisang ini sebagai simbol dari doa, keselamatan, dan pengharapan. Batik Bali dengan motif jagatan pisang tersebut sangat direkomendasikan untuk Sobat yang sudah memiliki pasangan hidup. Motif jagatan pisang ini terkenal dengan budaya dan tradisi warisan leluhur Bali yang kental.

Pada saat memakai batik jagatan pisang, besar harapan masyarakat Bali agar pasangan yang bepergian bisa kembali lagi dengan selamat. Batik ini tidak hanya bernilai seni saja, namun di dalamnya terbesit makna yang dalam yaitu dipercaya dapat memberikan perlindungan untuk penggunanya.

Batik jagatan pisang menjadi motif yang sangat legendaris khususnya di wilayah Bali sendiri. Motif batik yang satu ini sering diberikan sebagai hadiah untuk pasangan muda-mudi yang telah menikah. Berkat polanya yang indah, batik ini tidak jarang sering dijadikan sebagai cinderamata bagi wisatawan.

5.    Motif Penari Bali

Motif Batik Bali Penari Bali
Motif Batik Bali Penari Bali 

6.    Motif Sating

Motif Batik Bali Sating
Motif Batik Bali Sating 

Motif sating pada kain batik Bali ini begitu populer keberadaannya. Batik bermotif sating tersebut banyak disukai oleh kalangan generasi muda karena kombinasi warna sogan yang menarik dan cerah. Pola batik sating khas Bali tersebut hadir dengan ragam jenis ukiran tradisional dan juga modern.

Seperti pola tumbuhan dan pola bunga yang cantik dan estetik tampilannya. Nuansa yang ditimbulkan pada batik sating ini yaitu penuh keceriaan. Cocok sekali untuk Sobat yang menyukai warna cerah dan penampilan akan berubah menjadi lebih trendy serta kekinian.

Batik ini bisa Sobat kombinasikan dengan OOTD yang lebih menarik. Sobat dapat menggunakannya ketika acara formal dan informal juga lho. Tentunya, sayang jika dilewatkan begitu saja bukan motif batik sating dari Bali yang menakjubkan ini?

7.    Motif Burung

Motif Batik Bali Burung
Motif Batik Bali Burung 

Motif batik Bali terbaik selanjutnya adalah motif burung. Batik ini melambangkan keasrian yang dimiliki oleh alam Bali. Motif batik berupa burung ini juga melambangkan kelangkaan burung di tengah kehidupan masyarakat Bali yang sudah beralih menjadi kota besar.

Dengan adanya motif burung pada batik Bali berperan penting dalam menjaga kelestarian alam. Tujuannya adalah untuk melestarikan flora dan fauna yang dimiliki oleh Bali sendiri. Pola burung ini kental akan ciri khas dan desa Bali yang suasananya sangat asri.

Meskipun motif utamanya adalah burung, namun tidak serta merta selalu berisi gambar burung di dalamnya. Ada pula motif tumbuhan, motif kupu-kupu, dan warna latar belakang yang cerah serta gelap. Tentu, hal ini menjadi ciri khas dari batik Bali yang bermotif burung ya Sobat. 

8.    Motif Batik Tulis Bali

Motif Batik Bali Batik Tulis Bali
Motif Batik Bali Batik Tulis Bali 

Motif batik tulis khas Bali masih menjadi primadona di tengah maraknya perkembangan teknologi pada industri batik tersebut. Namun, siapa sangka jika teknik pembuatan batik secara tradisional semakin diminati oleh banyak kalangan lho.

Nah, biasanya motif pada batik tulis dari Bali yang sering Sobat temui adalah bercorak bunga dan keanekaragaman fauna. Motif pada batik tulis Bali ini polanya jauh lebih sederhana namun nilai estetikanya tetap terjaga dengan sangat baik.

Pada batik tulis ini, hadir dengan aneka warna-warna yang cerah dan pastinya memikat mata para penikmat batik. Corak lainnya yang bisa Sobat temukan pada motif batik tulis Bali ini yaitu titik-titik maupun cecek pada dasaran utamanya.

9.    Motif Bunga Sepatu Warna-Warni

Motif Batik Bali Bunga Sepatu Warna-Warni
Motif Batik Bali Bunga Sepatu Warna-Warni 

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan motif batik bunga sepatu warna-warni dari Bali ini? Tentu saja Sobat langsung tertarik bukan hanya dengan sekali lihat saja? Motif bunga sepatu yang dipadukan dengan warna yang cerah ini hadir dalam varian warna kuning, hijau, dan merah.

Latar warna dari motif batik bunga sepatu warna-warni ini yaitu biru tua dan ungu. Batik ini semakin mempesona lewat pola ukiran pada bagian pinggirannya. Motif tersebut sangat menggambarkan keindahan Bali dan sukses memikat kaum generasi muda.

Batik bunga sepatu yang dipenuhi dengan warna-warni ini terlihat lebih modern kesannya. Pada saat digunakan, Sobat bisa mengkombinasikan dengan berbagai aksesoris ya agar penampilan jadi lebih modis. Selama menggunakan batik bermotif bunga sepatu ini, penampilan Sobat akan terlihat lebih ceria.

10.    Motif Merak Abyor Hokokai

Motif Batik Bali Merak Abyor Hokokai
Motif Batik Bali Merak Abyor Hokokai 

Merak abyor hokokai merupakan motif batik Bali yang bisa Sobat bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bali. Keindahan burung merak terpampang dengan jelas pada batik Bali tersebut. Pola burung merak ini bersatu dengan kelopak bunga sakura yang sangat estetik.

Kehadiran motif batik merak abyor hokokai banyak dipengaruhi kebudayaan Jepang. Motif ini sebagai simbol utama yang menggambarkan betapa indahnya Pulau Dewata. Seni batik Bali yang berkembang dalam motif merak abyor hokokai ini menjadi sesuatu yang bernilai sekaligus berharga.

Motif ini kental dengan perpaduan antara warna-warna pastel yang dilengkapi dengan ornamen ikonik. Pastinya, akan sangat bagus sekali jika Sobat gunakan karena memiliki kesan penampilan yang tampak ceria.

Penutup

Itulah beberapa jenis motif batik Bali yang menarik perhatian dan bisa Sobat jadikan referensi sebelum menggunakan batik khas Bali ini. Kira-kira batik Bali yang menjadi favorit Sobat motif yang mana nih? Semoga Sobat bisa mengeksplor motif-motif batik dari Bali tersebut dengan baik ya.

Post a Comment

Previous Post Next Post