Mengenal Batik Mega Mendung Dan Makna Dari Motif Mega Mendung

Zonabatik.com - Batik merupakan salah satu warisan budaya tak benda khas Indonesia yang paling berharga, yang sampai saat ini masih lestari. Batik Mega Mendung adalah salah satu dari motif batik yang mendunia, menggambarkan tentang keindahan serta budaya warisan yang tak ternilai.

Batik ini bukan hanya sekedar kain, tetapi sebuah karya seni yang unik dan juga merupakan  simbol kebanggaan  bagi masyarakat Cirebon. Dan sekaligus jendela bagi dunia untuk menghargai tradisi serta kekayaan seni yang ada di Indonesia.

Batik ini menjadi contoh nyata dari kekayaan seni dan budaya Indonesia yang mempertahankan nilai-nilai tradisional yang harus dilestarikan. Keindahannya yang mencerminkan langit berawan, yang kaya dengan simbolisme beserta makna, dibutuhkan keterampilan tangan untuk menciptakannya.

Batik khas Cirebon ini sarat akan filosofi dan makna religius, garis-garis gambarnya merupakan simbol perjalanan kehidupan manusia. Antara kelahiran dan kematian  dan tersambung dengan garis penghubung yang semuanya merupakan simbol kebesaran Illahi.

batik mega mendung
batik mega mendung

Sejarah Dan Asal-usul Batik Mega Mendung

Batik Mega Mendung berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat, Indonesia, penamaan batik Mega Mendung berasal dari dua kata. Dua kata itu yaitu "Mega" Yang artinya awan sedangkan "Mendung" Memiliki arti gelap atau redup ketika mau hujan.

Terinspirasi oleh langit berawan saat akan hujan yang tampak di langit Cirebon pada saat pertama kali batik ini hendak diciptakan. Motif Batik Mega Mendung  yang memiliki motif awan pembawa hujan ini adalah sebagai suatu lambang kesuburan dan juga pemberi kehidupan.

Motif Mega Mendung yang jadi motif utama batik ini sudah terkenal hingga sampai ke manca negara. ini terbukti ketika seorang berkebangsaan Belanda bernama Pepin Van Roojen menjadikannya cover sebuah buku yang berjudul Batik Design.

Ternyata keunikan motif batik ini memiliki unsur budaya tionghoa, ini disebabkan banyaknya orang tionghoa yang berkunjung ke cirebon. Pada abad ke 16 Sunan Gunung Jati menyebarkan agama Islam di cirebon dan menikahi seorang putri tionghoa, Putri Ong Tien.

Batik Mega Mendung ini merupakan perpaduan kultur china dengan sentuhan khas Islam, seiring berkembangnya zaman terjadi perubahan warna dan motif. Perubahannya disesuaikan dengan perubahan zaman dan permintaan pasar, motifnya juga sudah ikut mengalami modifikasi.

Makna Dan Filosofi Batik Mega Mendung

Ciri khas motif Mega mendung bukan hanya pada gambar yang berupa awan dengan warna-warna tegas. Namun juga terdapat beberapa filosofi kehidupan dan makna menarik yang terkandung pada motif batik tersebut. Yuk, mari simak penjelasannya!

1.   Memiliki 7 Komposisi Warna

Mega Mendung mempunyai 5 hingga 7 lapis warna, yang artinya lima lapis warna menunjukkan simbol rukun Islam. Sedangkan 7 warna artinya 7 lapisan langit yang dilewati Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam saat peristiwa isra’ mi’raj.

2.   Memiliki Konsep Kebebasan

Konsepnya yang terletak pada gambar awan yang dilukis di dalamnya, yaitu jarak antara awannya  memang dibuat secara berjauhan. Hal ini menggambarkan kehidupan yang bebas seperti langit yang luas, kehidupan yang bersahaja dan juga tenang.

Dalam kehidupan sehari-hari sudah tentu kebebasan tetap harus ada batasnya, jangan sampai melanggar norma-norma atau aturan. Ada aturan dan norma-norma yang harus dipatuhi, manusia bebas berekspresi dan berpendapat tetapi harus tetap berpedoman aturan yang berlaku.

3.   Memiliki Lambang Dunia Atas Menurut Kultur China

Mega Mendung juga memiliki unsur taoisme, yaitu pemahaman dari Tiongkok tentang dunia atas yang berhubungan  dengan ketuhanan. Dunia atas yang sangat luas digambarkan dengan kumpulan awan-awan  yang memiliki warna gradasi dengan garis yang tegas.

4.   Bijaksana Dan Berwibawa Dalam Kondisi Bagaimanapun

Yang sangat menarik dari batik ini yaitu arti filosofisnya, yang memiliki arti bahwa setiap manusia harus bisa menahan marah atau emosi. Meskipun di dalam kondisi terpuruk, tertekan dan sedih, dalam kondisi apapun harus bersikap bijaksana seperti awan mendung yang menyejukkan suasana.

5.   Sebagai Simbol Ketenangan, Keteduhan, Dan Kemegahan

Menurut kultur masyarakat Cirebon batik ini memiliki makna yaitu, diharapkan tetap bersikap wibawa atau bersikap anggun dan tenang. Walaupun sedang mempunyai jabatan atau kekuasaan yang tinggi, motif ini juga menampilkan kesan dinamis, keterbukaan dan maskulin.

Walaupun sudah menjadi orang besar, namun harus tetap bisa memberikan ketenangan dan mengayomi serta memberikan perlindungan. Dan bukan hanya itu saja, diharapkan pemakai batik ini akan kelihatan lebih berwibawa, namun tetap tampak kalem.

Motif Dan Corak Batik Mega Mendung

Sekarang ini Motif Batik Mega Mendung sudah berkembang dan menciptakan kreasi baru yang lebih inovatif dan berani dalam bermain motif . Pemakaian warna-warna juga sesuai dengan selera masa kini, berikut adalah beberapa motif Mega Mendung khas Cirebon yaitu:

1.   Motif Batik Mega Mendung Klasik

Motif  klasik mempunyai gradasi warna dasar merah dan biru, dan memiliki gradasi yang selalu ganjil yaitu 7-9 warna. Sedangkan Arti dari 9 itu sendiri yaitu 9 wali (walisongo) yang telah menyebarkan Islam di Indonesia.

Motif klasik biasanya di lukis dengan teknik tulis dan tidak diberikan motif pengisi (isen-isen) atau dihias dengan corak yang lain. Motifnya Mega Mendung satu ini hanya berupa awan murni dan tidak dipengaruhi kultur tionghoa,

Akan tetapi sekarang ini motif Mega Mendung klasik sudah sangat jarang ditemui karena sudah langka dan harganya juga mahal. Namun apabila ingin melihat koleksi batik Mega Mendung klasik ini dapat dijumpai di museum Belanda.

2.   Motif Mega Mendung  Beras Tumpah

Motif Mega Mendung beras tumpah melukiskan pengisi berupa sebaran titik-titik pada satu sisi dengan  gumpalan awan di lain sisi. Warna titik-titik ini kelihatan sangat kontras pada dasar kain,sedangkan pada bagian awan terdiri 5-7  gradasi.

3.   Motif Batik Mega Mendung Dengan Kombinasi Kupu-Kupu

Motif Batik Mega Mendung yang ditambahi motif kupu-kupu sering juga ditemukan di berbagai karya batik masyarakat setempat. Corak satu ini menggambarkan beraneka jenis kupu-kupu dengan warna kontras yang terbang diantara awan-awan.

4.   Motif Batik Mega Mendung Dengan kombinasi Hewan Laut

Kota Cirebon disebut juga sebagai kota Udang, sebutan ini asalnya dari kata Cai (air) dan Rebon (udang kecil). Situasi Cirebon  dengan limpahan hasil laut  inilah menjadi inspirasi masyarakat setempat untuk membuat Mega Mendung berkombinasi dengan hewan laut.

5.   Motif Batik Mega Mega Mendung Dengan Kombinasi  Bunga

Motif bunga-bunga juga sering menghiasi batik Mega Mendung, dan membuat variasi kelihatan  lebih cantik serta feminim. Dan Selain itu juga terkadang pada bunga terdapat tambahan corak lain seperti kupu-kupu dan ornamen dengan warna-warna ceria.

6.   Motif Batik Mega Mendung Dengan Kombinasi Burung

Salah satu jenis hewan yang sering dikombinasikan dengan motif Mega Mendung ini adalah hewan burung. Ada beberapa macam jenis burung yang ada dalam motif batik khas Cirebon ini yaitu bangau, burung merak, burung mitologi phoenix.

7.   Motif Batik Mega Mendung Dengan Kombinasi Naga

Batik Mega Mendung satu ini memiliki kombinasi dengan hewan mitologi yang sangat penting pada kehidupan dan budaya China.  Yaitu hewan jenis naga, hewan ini mempunyai simbol yang berupa sebuah kekuatan dan maskulinitas.

8.   Motif Batik Mega Mendung Dengan Kombinasi Bambu

Pada Motif Mega Mendung bambu terdapat motif corak awan yang minimalis dengan dihiasi pohon-pohon bambu yang  terlihat menjulur. Motif Mega Mendung Bambu ini,mempunyai gambaran suasana pedesaan yang sangat asri yang berupa tanaman pohon bambu.

Menjadi salah satu warisan budaya asli Indonesia, tentunya akan membuat semakin bangga bukan dengan Batik Mega Mendung ini? Dan tetaplah terus cintai hasil karya dan budaya negeri sendiri mari lestarikan batik ini untuk para generasi yang akan datang.

Dengan melakukan inovasi yang terus-menerus, diharapkan Batik Mega Mendung akan tetap mempesona dan menginspirasi generasi-generasi berikutnya. Akan selalu menjadi simbol kebanggaan bagi bangsa Indonesia, dukung warisan budaya ini agar tetap dihargai dan dikenal di seluruh dunia.

Post a Comment

Previous Post Next Post